Monday, June 8, 2009

Dasar pendekatan learner centered

kjbkSebelum melihat seberapa pentingnya penagruh pendekatan learner centered dalam lingkungan pembelajaran, perlu diingat bahwa dasar dari pendekatan ini adalah pendekatan behavioral (tingkah laku). Selain didasari oleh pendekatan behavioral (tingkah laku), model pembelajaran learner centered juga dibentuk oleh pendekatan information processing dan constructivist.
kahbPendekatan behavioral adalah pendekatan yang berpandangan bahwa tingkah laku (verbal maupun nonverbal) dapat dijelaskan dengan pengalaman yang dapat diamati, bukan dengan proses mental (pikiran, perasaan, motivasi yang tidak teramati). Pendekatan ini menekankan pentingnya murid menghubungkan pengalaman dengan tingkah laku, menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan kejadian nyata.
grggInformation processing dan constructivist adalah pendekatan-pendekatan yang berfokus pada kognitif (pengenalan). Pendekatan information processing berfokus pada bagaimana murid memproses informasi melalui atensi (perhatian), memori, pemikiran, dan proses kognitif. Sedangkan pendekatan constructivist sebuah pendekatan yang menekankan pentingnya individu mengkonstruksi (membangun) pengetahuan dan pengertian secara aktif dengan bimbingan guru.
adSumber: Santrock, J.W. (2008). Educational psychology (3rd ed). NY: McGraw-Hill
dvdvdgvfdfChaplin, J.P.(2006). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

No comments:

Post a Comment

Modul dan demonstrasi aktivitas student-centered learning